RIngkasan Tabel Kitab Awamil - PM Blog |
Nama lengkap beliau adalah Abu
Bakar Abdul Qahir bin Abdur Rahman bin Muhammad al-Jurjani. Beliau lahir dan
menetap di Negri Jurjan, satu daerah yang masuk dalam negri Iran saat ini.
Tidak di ketahui kapan tahun kelahiran beliau. Beliau di lahirkan dalam
keluarga yang miskin. Beliau belajar kepada para ulama negri kelahirannya
sehingga beliau mengungguli para ulama semasa beliau dalam keilmuan beliau.
Beliau tidak pernah berangkat ke luar Jurjan untuk menuntut ilmu. Namun
walaupun demikian beliau berhasil menguasai berbagai macam ilmu bahkan beliau
di kenal sebagai pencetus (wadhi`) ilmu balaghah.
Dalam bidang fiqh beliau
bermazhab Syafii, sedangkan dalam bidang aqidah beliau merupakan pengikut Mazhab
Asy`ari . Beliau mengambil ilmu nahwu di negri kelahiran beliau dari Abu
Husen Muhammad bin Hasan al-Farisi. Bahkan Imam Sayuthi dalam kitab Bughyatul
Mu`ah mengatakan bahwa Imam Jurjani tidak mengambil ilmu dari selain Imam Abu
Husen al-Farisi. Namun Yaqut al-Hamwa menyebutkan salah satu guru dari imam
Jurjani adalah Imam Ali bin Abdul Aziz al-Jurjani (w. 392 H) salah seorang
qadhi Negri Jurjan.
Imam al-Anbari setelah
menyebutkan nama guru Imam Jurjani, Abi Husen al-Farisi “dan beliau (Imam
Jurjani) banyak menghikayah darinya (Abi Husen al-Farisi) karena beliau tidak
pernah bertemu seorang guru yang masyhur dalam ilmu arabiyah selain dari pada Imam
Abu Husen, karena beliau tidak pernah keluar dari Negri Jurjan dalam menuntut
ilmu, Abu Husen al-Farisi datang ke daerah beliau, maka Imam Jurjani membacakan
kitab di hadapan beliau.
Maka dari penjelasan Imam
al-Anbari dapat di ketahui bahwa beliau juga pernah berguru kepada tokoh yang
lain tetapi kemasyhuran guru beliau tersebut tidak setingkat dengan Abu Husen
al-Farisi. Dari kata al-Anbari yang mengaitkan dengan ilmu Arabiyah, maka tidak
tertutup kemungkinan bahwa beliau juga mengambil disiplin ilmu lain dari guru
yang lain.
Pujian ulama
Sebelum mencetuskan ilmu balagah,
Imam Abdul Qahir telah di kenal sebagai pakar dalam ilmu nahwu, selain juga
pakar dalam ilmu kalam, dan fiqh.
Beliau diakui sebagai ulama yang
besar dan berpegah teguh pada agama dan banyak pujian para ulama yang di
alamatkan kepada beliau, antara lain :
Ulama yang semasa dengan beliau
Abu Hasan al-Bakharzi mengatakan “semua lidah sepakat bahwa beliau adalah
panutan, tempat dan masa menjadi indah dengan sebab beliau, ...beliau adalah
orang yang tak tertandingi dalam keilmuanmya yang mulia,...”
Imam as-Subky mengatakan “beliau
menjadi imam yang masyhur, yang menjadi tujuan dari semua arah, dengan agama
yang kuat dan wara` serta sikap yang tenang”.
Murid Abu Suja` Imam as-Silafi
mengatakan : beliau adalah seorang yang wara` lagi qana`ah. Pernah masuk
pencuri ke rumah beliau, mengambil semua barang yang ia temukan dalam rumah
beliau, sedangkan beliau melihatnya dalam keadaan shalat dan tidak membatalkan
shalat beliau.
Yahya bin Hamzah Al-`Alawi (
Wafat 749 H) telah menyebut tentang beliau : Sesungguhnya Abdul Qahir
orang pertama yang menyusun kaedah di dalam ilmu ini (ilmu balaghah), dan
memperjelaskan dalil-dalilnya, menyusun seluk beluk seninya, membuka kelopak
ilmu ini dari pada tutupannya, membukakannya selepas ia tertutup dan dan
menjadi kabur, dengan dua buah kitab beliau (Dalail Al-I`jaz dan Asrar
Al-Balaghah). Dan belum pernah aku melihat keduanya, sedangkan sangat mencintai
dan sangat kagum dengan kedua kitab tersebut, kecuali (yang pernah saya temui)
hanya kutipan-kutipan para ulama dalam uraian-uraian mereka.
Beliau wafat tahun 471 H,
pendapat lain mengatakan tahun 474 H.
Karya-karya beliau antara lain:
Syarh al-Fatihah (1 jilid)
Asrar Balaghah
Dalail al-I`jaz
al-Jumal fin Nahmi
Talkhish, syarah dari kitab
beliau al-Jumal
at-Tatimmah fin Nahwi
al-Mughni fi Syarh al-Idhah Abu
Ali al-Farisi (30 jilid)
i`Jaz al-Quran kabir (besar) dan
shaghir (kecil) keduanya merupakan syarh bagi kitab I`jaz al-Quran karangan Abu
Abdullah al-Wasithy.
al-`Umdah fi Tashrif al-af`al
al-Awamil al-miah fi ilm
Nahwi
Tazkirah
al-Miftah
dll
Kitab Awamil Miah, adalah sebuah kitab nahwu kecil yang di jadikan sebagai kitab pemula bagi pelajar ilmu nahwu (kalau di Aceh di pelajari sebelum mempelajari kitab matan Ajurrumiyah). Kitab ini banyak di syarah oleh ulama lain antara lain:
Ibnu Madas Hisam ad-Din at-Taqani
ar-Rumi al-Hanafi
Tashil Nail Amani, karangan ulama
Fathani, Thailand, Syeikh Ahmad al-Fathani
Syarh `Awamil miah, karangan
Syeikh Khalid al-azhari al-Jarjawi (w. 905 H)
Syarh Awamil karangan Sayyid
Syarif Ali bin Muhammad Jurjani (w. 816 H)
Syarh Awamil al-Miah Nahwiyah
karangan Syeikh Yahya bin Nushuh
Fawaid al-`itabiyah fi hall
al-Awamil miah, karangan Syeikh Muhammad Abi Qasim al-`Atabi
Tahrir al-Aqwal karangan seorang
Tgk. di Panton Labu, Aceh Utara
dll
Kitab Awamil miah juga pernah di
gubah menjadi nadham oleh Syeikh Muhammad bin Himad
Ringkasan Kitab awamil itu
sendiri yaitu,
Amil adalah lafadz yang mempunyai
pengamalan terhadap kalimah lain, sehingga menyebabkan suatu kalimah memiliki
i’rob rofa, nashob, jer, atau jazm yang semuanya berjumlah 100 amil. Simak
pembahasannya di bawah ini.
Awamil secara umum, dibedakan
menjadi dua macam, yaitu ;
1. Amil Maknawi
(2 amil)
Amil maknawi hanya ada dua macam
yaitu ;
1) Amil
maknawi ibtida, dan
2) Amil
maknawi tajarrud.
2. Amil Lafdzi
(98 amil)
Amil lafdzi dikelompokkan lagi
menjadi 2 ;
1) Sima’iyah
Amil lafdzi sima’iyah dibedakan
menjadi 13 kelompok :
(1) Huruf yang
men-jer-kan kalimah isim (19 amil), yaitu :
الباء،
من، الى، فى، عن، واو القسم، باء القسم، تاء القسم، اللام، ربّ، واو رب، علي،
الكاف، مذ، منذ، حتى، حاشا، عدا، خلا.
(2) Huruf yang menashobkan
isimnya dan merofa’kan khobarnya (6 amil), yaitu :
إنّ،
انّ، كأنّ، لكنّ، ليت، لعل
(3) Huruf yang
menashobkan isim dan merofa’kan khobar (2 amil), yaitu :
ما،
لاَ
(4) Huruf yang
menashobkan kalimah isim (7 amil), yaitu :
واو
معية، إلاّ، يا، أيا، هيا، أى، أ
(5) Huruf yang
menashobkan fiil mudhore’ (4 amil), yaitu :
أن،
لن، كي، اذن
(6) Huruf yang
men-jazm-kan fiil mudhore’ (5 huruf), yaitu :
إنْ،
لم، لما، لام الامر، لا نهي
(7) Isim yang
men-jazm-kan 2 fiil mudhore’ dengan menyimpan makna إنْ (9 amil), yaitu :
مَنْ،
ما، أي، متى، مهما، اين، انى، حيثما، إذما
(8) Isim yang
menashobkan isim nakiroh dan menjadikannya tamyiz (4 amil), yaitu :
- Lafadz عشرة
jika tersusun bersama lafadz أحد،
اثنين sampai تسعة وتسعين(bilangan dari 10 - 99)
- كم
- كاين
- كذا
(9) Asmaul Af’al (9
amil), yaitu :
- Menashobkan
kalimah isim : رويد، بله، دونك، عليك، هاء، حيهل،
- Merofa’kan
kalimah isim : هيهات، شتان، سرعان
(10) Af’alu
Naqishoh, beramal merofa’kan isimnya dan menashobkan khobarnya (13 amil), yaitu
:
كان،
صار، أصبح، امسى، أضحى، ظل، بات، مازال، مابرح، مافتئ، ماانفك، مادام، ليس
(11) Af’aulul
muqorobah, beramal seperti lafadz كان(4 amil), yaitu ;
عسى،
كاد، اوشك، كرب
(12) Af’alul madh
wa dzam yaitu fiil yang digunakan untuk memuji dan menghina, beramal
menashobkan merofa’kan isim jinis yang dima’rifatkan dengan ال (4
amil), yaitu :
نِعْمَ،
بِئْسَ، ساء، حبذا
(13) Af’alu
syak wa yaqin, fiil ragu ragu dan yaqin yang beramal menashobkan 2 maf’ul (7
amil), yaitu :
حسبتُ،
خِلْتُ، ظَننتُ، رأيتُ، علمتُ، وجدتُ، زعمتُ
2) Qiyasiyah
Amil qiyasiyah ada 7 amil yaitu :
(1) Kalimah fiil
(2) Isim fa’il
(3) Isim Maf’ul
(4) Sifat Musyabihat
(5) Mashdar
(6) Setiap isim yang
disandarkan/ dimudhofkan pada kalimah isim lainnya
(7) Setiap isim yang
sempurna dan tidak membutuhkan idhofah, seperti isim mubham.
1 komentar:
komentarIzin copast sama take foto nya yah.
ReplyIzin dulu semoga manfaat.
.
Syukron